-->

Peralatan Pengolahan Makanan

 


Dahulu, peralatan memasak belumlah selengkap seperti saat ini. Dalam mengolah makanan pun dahulu masih dengan cara sederhana. Kemajuan zaman dan perkembangan teknologi telah mendorong penemuan-penemuan baru peralatan pengolah makanan, baik dalam bentuk maupun kegunaannya peralatan pengolah makanan. Alhasil, peralatan pengolah makanan yang ada saat ini semakin memudahkan pekerjaan dalam mengolah makanan.

Dalam mengolah makanan tentu membu- tuhkan berbagai peralatan. Peralatan pengolahan makanan sangat bermacam-macam, dari yang kecil sampai yang besar dan dari yang makinal sampai mechine. Peralatan dapur terdiri dari perlengkapan (equipment) dan peralatan (utensils). 

Kitchen equipment adalah perlengkapan da- pur atau peralatan besar yang membuat ruangan tersebut berfungsi sebagai dapur untuk mengolah makanan, seperti meja, kompor, oven, refrigerator, dan lain-lain. Sedangkan kitchen utensils adalah peralatan kecil yang digunakan untuk mengolah makanan, seperti panci, pisau, sutil, dan lain- lain. Dalam bahasa   sehari-hari   kedua   istilah ini disamakan menjadi peralatan dapur yang mencangkup equipment dan utensils.

Masing-masing peralatan dapur mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda, juga mempunyai risiko masing-masing apabila tidak digunakan semestinya. Peralatan dapur yang bersifat elektrik dan mekanik biasanya dilengkapi dengan buku petunjuk tentang teknik perawatan dan keselamatan kerja.

 


                Pengertian Peralatan Pengolahan Makanan

Peralatan pengolahan makanan adalah semua peralatan yang dipergunakan di dapur untuk mengolah makanan, atau disebut juga kitchen equipment & utensil. Contoh dari peralatan pengolahan makanan seperti; panci, pisau, sutil, dan lain-lain. Masing-masing peralatan pengolahan makanan mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda, dan juga mempunyai resiko masing-masing apabila tidak digunakan semestinya.

Dewasa ini banyak sekali dijual dan beredar di pasaran jenis dan macam peralatan yang sering digunakan di dapur. Ada yang terbuat dari tanah liat, bambu, kayu, besi, aluminium, seng, stainless steel, atau plastik.

Untuk menjaga kebersihan peralatan pengolahan makanan dengan baik maka peralatan makanan yang akan dipergunakan sebaiknya memenuhi kriteria sebagai berikut.

1.        Keras dan kuat, sehingga tidak menyerap bahan makanan dan tidak mudah pecah.

2.        Rata dan halus pada bagian permukaan luar dan dalam sehingga mudah dibersihkan.

3.       Tahan karat, walaupun sering terkena air tidak mudah berkarat karena karat membahayakan kesehatan manusia.

4.       Tahan pecah dan menyeping, bagian yang pecah ataupun mengeping (chip) mudah menyimpan kotoran tempat bakteri berkembang biak.


Di dalam memilih peralatan pengolahan makanan diperlukan juga beberapa persyaratan berikut.

1.        Mudah dibersihkan.

2.        Mudah diketahui bahwa alat tersebut sudah bersih.

3.        Keras dan tidak mudah menyerap bahan-bahan makanan.

4.        Permukaannya halus sehingga mudah dibersihkan.

5.        Tidak mudah berkarat atau anti karat.

6.        Tidak mudah pecah.

 

Hal-hal lain yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

1.       Untuk memudahkan pemeliharaan terutama mengenai kebersihan maka peralatan pengolahan makanan sebaiknya tidak ada hiasan seperti ukiran, ujung-ujung dari paku yang menonjol, gigi-gigi atau sudut-sudut yang sulit dibersihkan.

2.       Jika beberapa bagian dari peralatan yang sulit dibersihkan terdapat sisa-sisa makanan yang tertinggal, maka sisa makanan tersebut akan mudah sekali menjadi tempat bakteri berkembang biak, dan ini akan mengakibatkan makanan menjadi basi atau keracuanan.

3.       Bahan-bahan yang dipergunakan untuk peralatan dapur tidak boleh terbuat dari bahan-bahan yang mengakibatkan keracunan misalnya; timah hitam.


0 Response to "Peralatan Pengolahan Makanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel