-->

HIDANGAN DARI TELUR

Pengertian Telur


Telur merupakan bahan makanan bergizi tinggi karena kandungan proteinnya yang sempurna, vitamin A, thiamin, riboflavin dan juga mengandung vitamin D. Vitamin D dari telur merupakan penyumbang terpenting bagi tubuh, karena bahan makanan lainnya umumnya mempunyai kandungan vitamin D yang rendah.

Telur yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia umumnya berasal dari unggas yang diternakkan. Jenis yang paling banyak dikonsumsi adalah telur ayam, itik (bebek), dan puyuh. Telur penyu, kalkun, angsa, merpati, dan telur unggas peliharaan lainnya belum maksimal dimanfaatkan karena produksinya sedikit. Telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Selain itu dikonsumsi juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun ukuran sedang, misalnya telur penyu.

Hidangan telur biasanya dipergunakan untuk breakfast (sarapan pagi), tetapi dapat juga dihidangkan untuk lunch (makan siang) atau dinner (makan malam). Telur yang dihidangkan untuk breakfast biasanya sederhana (simple), dan tanpa sauce, atau garnish. Tetapi jika dihidangkan untuk lunch dan dinner biasanya disertai dengan sauce dan garnish berupa kentang atau sayuran.


Struktur Fisik Telur






Telur tersusun atas tiga bagian yaitu:
1.     Kulit telur
    Mempunyai kulit yang keras yang tersusun dari garam-garam organik. Pada bagian permukaan kulit terdapat pori-pori. Pada telur yang masih baru, pori-pori masih dilapisi kutikula yang terdiri dari 90% protein dan sedikit lemak yang berfungsi mengurangi penguapan air dan mencegah masuknya mikroba.
2.     Putih telur
    Terdiri dari 40% putih telur encer dan 60% lapisan putih telur kental. Bagian putih telur tidak tercampur dengan kuningnya karena adanya kalaza yang mengikat bagian kuning telur dan membran vitelin yang elastis.
3.     Kuning telur
    Merupakan bagian yang paling penting dari telur, sebab pada bagian ini terdapat embrio hewan. Pada bagian kuning telur paling banyak terdapat zat-zat gizi, yang sangat penting bagi perkembangan embrio.


Nilai Gizi Telur


Sebagai bahan makanan, telur mempunyai beberapa kelebihan. Telur mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh, rasanya enak, mudah dicerna, menimbulkan rasa segar dan kuat pada tubuh, serta dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan. Zat-zat gizi yang ada pada telur sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Protein telur terdiri dari ovalbumin (putih telur) dan ovavitelin (kuning telur). Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat. Lemak pada telur terdiri dari trigliserida (lemak netral), fosfolipida (umumnya berupa lesitin), dan kolesterol.
Fungsi trigliserida dan fosfolipida bagi tubuh yaitu sebagai sumber energi, satu gram lemak menghasilkan 9 kilokalori energi. Lemak dalam telur berbentuk emulsi (bergabung dengan air), sehingga menjadi lebih mudah dicerna, baik oleh bayi, anak-anak, maupun golongan lanjut usia.

Kegunaan Telur


Telur dapat digunakan dalam keadaan mentah atau masak. Di bawah ini kegunaan telur, antara lain:

1.     Untuk bahan tambahan suatu makanan.
Misalnya: telur rebus pada hidangan sayuran atau telur mentah yang dikocok dengan susu dan anggur untuk orang sakit.
2.     Untuk bahan perapuh dan pengembang dalam macam-macam adonan.
Misalnya: adonan sus, adonan cake, adonan bolu kukus dan adonan sponge.
3.     Untuk membuat macam-macam masakan.
Misalnya: sambal goreng telur, dadar telur, telur mata sapi, pindang telur, balado telur, dan orak arik.
4.     Bahan untuk memberi selaput mengkilap pada makanan-makanan yang dibakar.
Misalnya: pastel bakar dan kue.
5.     Untuk bahan pemberi warna kuning.
Misalnya: fla, sup dan kue.
6.     Bahan untuk mengemulsi lemak.
Misalnya Mayonnaise.
7.     Untuk bahan penghias (telur rebus) pada bermacam-macam makanan.
Misalnya: hiasan pada slada, nasi kuning, dan hors d’oeuvre.
8.     Sebagai bahan pengikat bahan lain.
Misalnya: sugar dough dan pie dough.
9.     Untuk bahan pengental pada saus dan puding.



Untuk Relaksasi kita kerjakan Kuis berikut ini

KUIS ASYIK MENYENANGKAN

0 Response to "HIDANGAN DARI TELUR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel